1. SEO
SEO merupakan
singkatan dari Search Engine Optimization.
Yang berartikan yaitu sebuah proses untuk mendorong peringkat sebuah website
pada hasil penelusuran mesin pencari, baik itu alami maupun berbayar. Proses
tersebut akan merjalan lancar apabila website
menganut berbagai macam elemen yang disukai oleh mesin pencari.
Memenangi SEO
butuh menaklukan dua area dasar guna mendorong peringkat pada hasil
penelusuran, yaitu on-page dan off-page. Optimasi on-page
terpusat pada berbagai macam elemen website yang mendukung sebuah laman web
seperti gambar, konten tekstual dank ode HTML. Sedangkan optimasi off-page
terpusat pada penyebaran dengan banyaknya backlink (link menuju website yang
sedang dioptimasi).
Selain dari on-page
dan off-page, terdapat 3 metode SEO yang berpengaruh kepada peringkat hasil
penelusuran mesin pencari yaitu : white
hat, black hat dan gray hat.
Apabila anda ingin website anda disukai oleh google dan sejenisnya maka
pilihlah white hat daripada black hat. Tapi beberapa dari perusahaan jasa
SEO justru menawarkan gray hat
yang harganya lebih terjangkau daripada white
hat.
2. SEM
SEM merupakan
singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah tipe internet
marketing yang berhubungan dengan submit,
riset dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari guna
meningkatkan jumlah pengunjung, baik itu alami maupun berbayar. SEM memiliki
perbedaan dengan SEO dimana SEM turut mengusung beragam elemen yang penting
demi memperoleh trafik yang lebih banyak, yaitu analisis kompetitif, posting
berbayar, riset kata kunci dan beberapa layanan mesin pencari.
Tujuan SEM yaitu
memperoleh pengunjung yang tertarget dari mesin pencari melalui ikaln berbentuk
link pada hasil penelusuran selain pencari
alami guna memperoleh pengunjung yang tertarget meinuju website.
3. SMM
SMM merupakan
singkatan dari Social Media Marketing. Yaitu adalah sebuah metode untuk memperoleh trafik
tertarget menuju website dengan mengandalkan macam-macam media social seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Youtube, Google+, dan sebagainya. SMM merupakan upaya untuk mendongkrak
nilai jual dari sebuah website
melalui media sosial, baik itu gratisan maupun berbayar dengan cara pemasangan
iklan.
Area pada SMM
ada 2 yaitu : Social Media Optimization
(SMO) dan Social Media Advertising
(SMA). SMO dimana tujuannya adalah meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju
website dengan cara aktivitas sosial di dunia maya seperti blogging, terlibat dalam diskusi grup, sosial bookmarking, manajemen reputasi online,
pollingan, tulis update status, viral,
pengguna situs berbagi foto atau video. Sementara itu tujuan SMA adalah
meningkatkan jumlah trafik target sebuah website melalui layanan iklan dari
jaringan sosial media.
Manfaat SEO, SEM, SMM dan SMO
Meningkatkan angka penjualan
sekaligus mendekatkan diri kepada konsumen merupakan tujuan utama pebisnis
dalam membangun sebuah website. Namun
semua hal itu tidak akan berjalan lancar apabila tidak melakukan optimasi SEO,
SMM, SEM dan SMO. Berikut manfaat lebih lengkapnya mengenai SEO, SEM, SMM dan
SMO :
1. Trafik
Kunjungan
Meningkatkan jumlah trafik kunjungan
merupakan tujuan SEO, SEM, SMM dan SMO. Dengan penerapan strategi yang tepat,
website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
2. Peringkat
Website
Peringkat website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin
menaik, bahkan kemungkinan besar dapat berada diurutan teratas apabila semua
dapat diterapkan.
3. Cepat
populer
SEO, SEM, SMM, SMO meupakan cara
tercepat untuk menarik perhatian para pengunjung. Biaya jauh lebih terjangkau
dan lebih efektif daripada promosi offline via media cetak ataupun email marketing.
4. Kemudahan
analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO dapat
memungkinkan pemilik website menganalisis dan melacak kebiasaan pengunjung
sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Hal itu dapat membuat si pemilik
mengetahui strategi yang akan diambil karena data yang lebih akurat.
5. Brand awareness
Kesadaran merek dimata pengguna
pengunjung juga merupakan tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO. Semakin tinggi
posisi website di mesin pencari maka
lebih banyak pengunjung menggunakan internet menuju website
Seberapa penting SEO, SEM, SMM dan SMO?
Jika kalian ingin membangun trafik kunjungan
serta menaikan angka penjualan, maka diperlukan adanya SEO, SEM, SMM dan SMO. Jika
hanya terpaku pada satu elemen saja maka akan cenderung monoton. Trafik dari
pengunjung tertarget tidak hanya dating dari mesin pencari namun berasal
langsung dari media sosial. Memang dapat menuras biaya namun jauh lebih efektif
daripada metode lain yang justru lebh mahal.
Sumber :
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
http://www.mirkomaiorano.it/seo-sem-sea-smm-smo-sma-definizioni/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar