Selasa, 22 November 2016

Apa yang dimaksud dengan SEO, SEM, SMO dan SMM?


1.       SEO
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Yang berartikan yaitu sebuah proses untuk mendorong peringkat sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari, baik itu alami maupun berbayar. Proses tersebut akan merjalan lancar apabila website menganut berbagai macam elemen yang disukai oleh mesin pencari.
Memenangi SEO butuh menaklukan dua area dasar guna mendorong peringkat pada hasil penelusuran, yaitu on-page dan off-page. Optimasi on-page terpusat pada berbagai macam elemen website yang mendukung sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dank ode HTML. Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran dengan banyaknya backlink (link menuju website yang sedang dioptimasi).
Selain dari on-page dan off-page, terdapat 3 metode SEO yang berpengaruh kepada peringkat hasil penelusuran mesin pencari yaitu : white hat, black hat dan gray hat. Apabila anda ingin website anda disukai oleh google dan sejenisnya maka pilihlah white hat daripada black hat. Tapi beberapa dari perusahaan jasa SEO justru menawarkan  gray hat yang harganya lebih terjangkau daripada white hat.
2.       SEM
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah tipe internet marketing yang berhubungan dengan submit, riset dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari guna meningkatkan jumlah pengunjung, baik itu alami maupun berbayar. SEM memiliki perbedaan dengan SEO dimana SEM turut mengusung beragam elemen yang penting demi memperoleh trafik yang lebih banyak, yaitu analisis kompetitif, posting berbayar, riset kata kunci dan beberapa layanan mesin pencari.
Tujuan SEM yaitu memperoleh pengunjung yang tertarget dari mesin pencari melalui ikaln berbentuk link pada hasil penelusuran selain pencari alami guna memperoleh pengunjung yang tertarget meinuju website.
3.       SMM
SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing. Yaitu adalah sebuah metode untuk memperoleh trafik tertarget menuju website dengan mengandalkan macam-macam media social seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Youtube, Google+, dan sebagainya. SMM merupakan upaya untuk mendongkrak nilai jual dari sebuah website melalui media sosial, baik itu gratisan maupun berbayar dengan cara pemasangan iklan.
Area pada SMM ada 2 yaitu : Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA). SMO dimana tujuannya adalah meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website dengan cara aktivitas sosial di dunia maya seperti blogging, terlibat dalam diskusi grup, sosial bookmarking, manajemen reputasi online, pollingan, tulis update status, viral, pengguna situs berbagi foto atau video. Sementara itu tujuan SMA adalah meningkatkan jumlah trafik target sebuah website melalui layanan iklan dari jaringan sosial media.

Manfaat SEO, SEM, SMM dan SMO
Meningkatkan angka penjualan sekaligus mendekatkan diri kepada konsumen merupakan tujuan utama pebisnis dalam membangun sebuah website. Namun semua hal itu tidak akan berjalan lancar apabila tidak melakukan optimasi SEO, SMM, SEM dan SMO. Berikut manfaat lebih lengkapnya mengenai SEO, SEM, SMM dan SMO :
1.       Trafik Kunjungan
Meningkatkan jumlah trafik kunjungan merupakan tujuan SEO, SEM, SMM dan SMO. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
2.       Peringkat Website
Peringkat website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin menaik, bahkan kemungkinan besar dapat berada diurutan teratas apabila semua dapat diterapkan.
3.       Cepat populer
SEO, SEM, SMM, SMO meupakan cara tercepat untuk menarik perhatian para pengunjung. Biaya jauh lebih terjangkau dan lebih efektif daripada promosi offline via media cetak ataupun email marketing.
4.       Kemudahan analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO dapat memungkinkan pemilik website menganalisis dan melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Hal itu dapat membuat si pemilik mengetahui strategi yang akan diambil karena data yang lebih akurat.
5.       Brand awareness
Kesadaran merek dimata pengguna pengunjung juga merupakan tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO. Semakin tinggi posisi website di mesin pencari maka lebih banyak pengunjung menggunakan internet menuju website

Seberapa penting SEO, SEM, SMM dan SMO?

Jika kalian ingin membangun trafik kunjungan serta menaikan angka penjualan, maka diperlukan adanya SEO, SEM, SMM dan SMO. Jika hanya terpaku pada satu elemen saja maka akan cenderung monoton. Trafik dari pengunjung tertarget tidak hanya dating dari mesin pencari namun berasal langsung dari media sosial. Memang dapat menuras biaya namun jauh lebih efektif daripada metode lain yang justru lebh mahal.



Sumber :
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
http://www.mirkomaiorano.it/seo-sem-sea-smm-smo-sma-definizioni/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar